Halaman

Rabu, 01 Januari 2014

Pesona Alam Ujung Genteng

Menyaksikan penyu bertelur dengan bonus surfing?


Selanjutnya kami mengajak anda untuk mengulas pantai dengan air yang bersih serta ombak besar yang merupakan ciri pesisir pantai selatan berlokasi +/- 120 Km dari kota Sukabumi, Ujung genteng. Anda harus mempersiapkan diri dengan perjalanan menuju pantai ini, karena perjalanan yang cukup lama, melalui medan jalan kota kecil yang keadaannya kurang nyaman karena berkelok-kelok juga menanjak.





 Apa yang menarik?




Daerah ini memiliki beberapa pantai, dan memiliki wisata yang beragam serta menyuguhi tatanan alam di alam pesisir yang menyegarkan mata. Deburan ombak mengajak wisatawan yang datang merasa dan mendengar alunan nanyian alam. Seperti di Pantai Ujunggenteng, sudut pantai dapat dikatakan masih alami seperti belum terjamah orang banyak dan apa adanya. Pantai yang bersih dan menyegarkan mata. Jika berjalan menuju arah laut saat air surut, anda akan melihat kolam besar sepanjang garis pantai. Dan bila anda lebih berani lagi maju ke arah tengah, biota laut seperti siput, ikan hias, udang kecil, cacing laut, dan bintang laut akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.



Akan mulai dari mana untuk mengenal Ujunggenteng?  



Lokasi pertama yang recommended bila anda tiba di ujunggenteng pada subuh atau pagi hari, adalah tempat pelelangan ikan karena riuh para nelayan yang berjualan dengan berlatar sunrise akan menyambut anda disana. Biasanya para pecinta fotografi akan mengabadikan momen disini. Selain itu, anda dapat ikut lelang sekaligus sarapan. Kemudian, setelah menikmati pagi di tempat pelelangan ikan, anda dapat mengarah ke Muara Cipanarikan, disana terdapat alur sungai cipanarikan yang berbelok serta membentuk hamparan pasir sebelum bertemu dengan laut selatan dan disana anda bisa bermain dengan pasir juga biota laut seperti kerang, kepiting kecil, dan ikan yang beragam bentuk dan warnanya.






Jika anda suka dengan surfing, pasti akan suka dengan lokasi dimana ombak selalu berurutan tujuh ombak berukuran besar sehingga dikenal dengan nama Ombak Tujuh yang sangat diincar oleh para pegiat olahraga selancar air. Di kawasan ini, masih ada pulau-pulau kecil yang jarang terjamah wisatawan. Atau, hanya ingin menghabiskan waktu sore dengan berendam dan berenang? Anda dapat mengunjungi Cibuaya, lokasi yang merupakan cekungan pantai memiliki kedalaman mulai dari 0,5 meter hingga 6 meter, dengan hamparan terumbu karang di dalam air laut yang dapat dinikmati hingga matahari terbenam. Kawasan ini, terkadang dapat dijadikan spot untuk memancing, karena terdapat ikan kakap dan ikan krapu.



Anda tidak tertarik dengan aktifitas berenang?




Bagaimana jika membantu melepaskan para Tukik, sebutan untuk Bayi Penyu ke laut lepas? Disinilah letak ciri khas anda melakukan perjalanan wisata ke Ujunggenteng, dan Jika beruntung juga tidak terlambat datang sebelum matahari tenggelam adalah waktu yang tepat bergabung di pantai Pangumbahan untuk melancarkan misi para tukik kembali ke alam asalnya setelah menetas dari telurnya di konservasi pada daerah pantai. Disini, para wisatawan dipersilahkan oleh petugas, dengan sebelumnya diberikan pengarahan untuk melepaskan para tukik tersebut. Setelah melepaskan tukik, anda dapat mengabadikan momen indah sunset bersama ratusan tukik yang berlarian ke arah lautan. Tidak hanya itu wisatawan bermain-main dengan hewan laut tersebut, jika anda bersabar untuk menunggu hingga malam hari, anda dapat menunggu dan menyaksikan Penyu hijau (Chelonia Mydas) bertelur di tepi pantai. Dengan beberapa persyaratan, yaitu tidak diperkenankan membawa atau menggunakan penerangan, karena penyu akan menggali lubang untuk telurnya dan menutup lubangnya, dan disarankan untuk tidak mengganggu dengan tidak menimbulkan kegaduhan atau keributan. Wisatawan dapat menggunakan penerangan setelah sekiranya setelah penyu telah mengeluarkan telurnya, untuk mengamati telurnya atau memegang penyu tersebut. Dan anda tidak perlu terkejut atau khawatir bila melihat banyak sekali telur yang dikeluarkan, karena memang penyu hijau dapat bertelur hingga 200 butir.




Rasa-rasanya sudah lengkap bukan dengan liburan di kawasan pantai ujunggenteng ini? Ada lagi sebuah tempat yang sangat sayang jika terlewatkan. Anda dapat merasakan suasana tanah lot di daerah jawa, yaitu Pantai Amanda Ratu, memang harus mengeluarkan kocek yang besar jika ingin bermalam di kawasan ini, karena sudah di kembangkan oleh investor pariwisata dengan fasilitas penginapan mewah. Tetapi untuk panorama, pulau kecil yang terletak tidak jauh dari bibir pantai itu tidak bisa melepaskan pikiran kita dengan kemiripan tanah lot di pulau dewata.(Kartika Sabturina/Berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentari sesuka anda