Halaman

Selasa, 07 Januari 2014

Camping di Pulau Semak Daun

Pulau semak daun merupakan salah satu pulau yang terletak di Kepulauan seribu, Secara Administratif pulau ini berada pada wilayah kabupaten Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau yang hanya seukuran satu setengah lapangan bola ini menyugukan pemandangan yang membuat kagum siapapun yang melihatnya, pantai yang nyaman untuk berenang karna pantainya yang bersih dan landai, pasir yang lembut, dan bebas bulu babi. Sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat dengan camping di Pulau Semak daun.

Pulau ini hanya dihuni oleh seorang penjaga yang memiliki rumah sekaligus warung di pulau Semak Daun, Jangan berfikir anda bisa menginap di penginapan karna pulau ini tidak menyediakannya, So kalau mau ke pulau Semak Daun silahkan rencanakan dengan tujuan Camping.
            
Perjalanan dimulai dari Stasiun Kota, menuju pelabuhan Muara Angke naik Bajaj dengan biaya Rp. 35.000  –  RP. 40.000, setelah itu naik kapal yang menuju P.Pramuka dengan biaya Rp. 35.000/org, Kapal ini biasanya hanya berangkat pagi hari sekitar pukul 7.00 WIB. 3 jam perjalanan menuju P.Pramuka , untuk yang baru pertama naik kapal sebaiknya tidak naik dibawah karna goncangan akan membuat anda mabuk laut hihihi..

Ok lanjut setelah sampai dan sebentar beristirahat di pulau pramuka sekarang waktunya naik ojek, eits bukan ojek motor ya tapi ojek perahu, harganya sewanya lumayan yaitu Rp. 350.000/kapal. jadi kalo orangnya ada 10 ya tinggal patungan aja deh satu orang Rp. 35.000. biaya tersebut sudah termasuk antar jemput, jadi gausah takut ngeluarin biaya lagi pas pulangnya.

            Perjalanan naik ojek dari P.Pramuka menuju P.Semak Daun butuh waktu kurang lebih 1 jam, Perjalanan yang tidak membosankan karna disepanjang jalan warna air laut selalu berubah akibat kedalaman dan terumbu karang, uuh pasti rasanya ingin buru-buru berenang deeh.

            Sampailah kita di tempat tujuan P.Semak Daun, biaya masuk pulau ini dikenakan per-malam yaitu Rp. 15.000/org. setelah urusan biaya selesai langsung aja deh keliling pulau buat nyari spot yang enak buat diriin tenda, saran saya cari tempat yang sedikit tertutup pohon agar anginnya tidak terlalu besar, emmh kalo salah milih tempat bisa-bisa rubuh tuh tenda dibantai angin haha..

           
      Oiya jangan lupa bawa air mineral yang banyaaaak, karna disana gak ada air sama sekali, banyak sih tapi kan air laut ga bisa diminum coy. Yang jadi kendala disana ya masalah air mineral. Teruus kalo bisa dari rumah bawa ayam atau ikan yang siap di bakar, biar malam harinya bisa bakar-bakar.












               Oke Selamat Berlibur ala Backpaker teman-teman, ingatlah untuk tetap menjaga kelestarian tumbuhan dan menjaga kebersihan agar ketika teman-teman yang lain datang mereka juga akan melihat pulau yang indah nan bersih seperti apa yang pertama kita lihat. 









4 komentar:

  1. mas gan kira2 bulan yg tepat utk berlibur kesana bulan apa? info dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas musim panas, kemaren saya lagi beruntung musim hujan tapi alhamdulillah cuaca panas di sana hehe

      Hapus
  2. mas gan kira2 disana fasilitas umumnya apa aja?

    BalasHapus
  3. Disana cuma ada warung sama toilet mas, itu juga kalo mau mandi airnya beli, 1 jerigen harganya 5000

    BalasHapus

Silahkan komentari sesuka anda